Waspada Kesemutan yang Sering Melanda

Waspada Kesemutan yang Sering Melanda – Kamu pernah atau bahkan sering merasa kesemutan? Ya perasaan yang seperti kaku namun sedikit geli ini sering kita rasakan dalam kesehariannya.

Biasanya hal ini terjadi ketika salah satu anggota tubuh kita terlalu lama terjepit atau didiamkan sehingga ketika akan digerakkan anggota tubuh tersebut akan terasa kaku dan sakit bila dipaksa bergerak.

kesemutan

Namun, kesemutan tersebut akan cepat hilang dengan sendirinya sehingga banyak orang yang menganggapnya hanya hal sepele dan tidak perlu penanganan atau pengobatan yang lebih lanjut.

Kesemutan terjadi pada seseorang disebabkan oleh aliran darah pada bagian anggota tubuh tersebut tersumbat sehingga menjadi tidak lancar oleh sebab itu ketika kita mengalami kesemutan tersebut biasanya cukup didiamkan dan diluruskan anggota badan kita agar peredaran darahnya lancar dan tidak kaku kembali.

Selain karena peredaran darah yang kurang lancar, ternyata kesemutan juga merupakan salah satu indikator bahwa tubuh kita kekurangan vitamin yaitu vitamin B dan juga vitamin B1. Vitamin B tersebut merupakan vitamin yang bekerja pada saraf- saraf yang ada di dalam tubuh sehingga apabila tubuh kita kekurangan vitamin tersebut maka tubuh kita akan sering merasa kaku sehingga terjadilah kesemutan.

Untuk beberapa waktu perasaan kesemutan mungkin wajar dirasakan namun, apabila kesemutan tersebut terjadi dengan frekuensi yang sering maka perlu diwaspadai. Berdasarkan penelitian kesehatan ternyata kesemutan bisa menjadi gejala awal atau pertanda bahwa seseorang tersebut berpotensi mengalami stroke.

Penyakit stroke merupakan penyakit dimana penderitanya mengalami kelumpuhan pada bebereapa anggota tubuhnya sehingga sulit untuk digerakkan dan mengganggu aktivitas sehari- hari. Keadaan tersebut disebbakan oleh adanya gangguan pada sistem saraf terutama saraf yang ada diotak karena otak merupakan pusat pengendalian tubuh kita untuk melakukan berbagai hal.

Selain itu ternyata kesemutan juga merupakan gejala awal terjadinya varises pada tubuh. biasanya varises tersebut terjadi pada bagian tangan dan kaki dimana pada anggota- anggota tubuh tersebut urat yang terlihat lebih besar dan menonjol.

Penyakit lain yang biasanya diawali dengan gejala kesemutan adalah penyakit diabetes. Diabetes atau penyakit kencing manis tersebut akan meningkatkan kadar gula darah didalam tubuh sehingga akan membuat saraf mengalami kerusakan khusunya saraf perifer sehingga terjadilah kesemutan.

Oleh sebab itu sebaiknya apabila kesemutan tersebut sering dialami maka sebaiknya kamu wajib memeriksakan lebih jauh ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih jauh dan juga dapat mengatasi penyakit lanjutan sebelum semakin parah.

Untuk kesemutan yang biasa terjadi dapat diatasi dengan beberabagi cara selain meluruskan anggota tubuh yang kesemutan tersebut yaitu dengan mengompresnya menggunakan air hangat yang telah dicampurkan dengan mint sehingga dapat merelaksasikan otot- otot dan saraf yang kaku sehingga peredaran darah kembali normal. selain itu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B juga menjadi hal yang sangat penting.

Baca Juga : Jenis Olahraga Yang Tidak Membutuhkan Biaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *