Mengenal Lebih Dekat Sosok Nelson Mandela

Mengenal Lebih Dekat Sosok Nelson Mandela – Siapa sih yang nggak kenal dengan Nelson Mandela?? Nelson Mandela merupakan presiden pertama dari kulit hitam di Afrika Selatan.

Selain itu juga dikenal karena perjuangan beliau menentang program apartheid yang merupakan program pemerintah yang didominasi kulit putih yang berusaha menindas dan menyingkirkan suku kulit hitam. Dengan gigihnya beliau menggencarkan serangan anti apartheid yang mengantarkannya kesuksesannya untuk mendapatkan Nobel perdamaian.

presoden filifina

Nama lengkap Nelson Mandela adalah Nelson Rolihlah Mandela, dilahirkan di Mvezo, Afrika Selatan tanggal 18 Juli 1918 silam dan tutup usia pada tanggal 05 Desember 2013 dengan usia 95 tahun. Masa kecilnya dihabiskan di daerah Thembu Afrika Selatan yaitu menggembala ternak bersama teman-temannya.

Nelson Mandela merupakan keturunan raja dari suku ternama di Afrika Selatan (suku Thembu) serta satu-satunya anak dari keluarganya yang mengenyam pendidikan.

Nama Nelson merupakan nama yang diberikan oleh gurunya dan tak  mengetahui apa alasan sang guru  memberikan nama Nelson. Selain itu karena adanya budaya pada saat  murid masuk sekolah maka harus menggunakan nama Britania, diantaranya Nelson.

Pada saat umur 16 tahun, Nelson belajar di Clarkebury Boarding Institut dan untuk pertama kalinya belajar kebudayaan barat.

Setelah itu Nelson melanjutkan studi program B.A. di Fort Hale University. Disanalah Nelson bertemu dengan Oliver Tambo yang merupakan teman sekaligus koleganya yang setia. Akibat menentang kebijakan universitas akhirnya diminta keluar kemudian pindah ke Johannesburg. Nelson  melanjutkan kuliahnya di University of South Africa setelah mengambil hukum di University of the Witswatersrand.

Nelson menikah Pernikahan dengan Evelyn Ntoko Mase dan hidup bersama selam 13 tahun dan  berujung dengan perceraian pada 1957. Kemudian menikah lagi dengan Winnie Madikizela yang berjalan 38 tahun, kemudian berakhir dengan perceraian 1996.  Di ulang tahunnya ke-80 Mandela menikahi Graça Machel yang merupakan janda dari mantan Presiden Mozambik Samora Machel serta seorang kawan ANC.

Nelson merupakan aktivis yang mengikuti African National Congress (ANC) mulai tahun 1942. Dia menjalani berbagai masa hukuman karena kegiatannya yang antiapartheid, ia. Tanggal 5 Agustus 1962 Mandela tertangkap dan dipenjara di Johannesburg Fort, diikuti pada 25 Oktober 1962 dijatuhi hukuman 5 tahun penjara.

Disusul 12 Juni 1964, Mandela serta sekelompok aktivisnya dijatuhi hukuman seumur hidup penjara. Adanya  penolakan pembebasan bersyarat dengan menghentikan perjuangan bersenjata pada Februari 1985. Akhirnya Mandela bebas tanggal 11 Februari 1990 setelah perintah Presiden Frederik Willem de Klerk ditekan oleh seluruh dunia. Tahun 1993,  Mandela dan de Klerk mendapatkan hadiah Nobel Perdamaian.

Setelah memenangkan Pemilu, Nelson Mandela menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan dan menjadi presiden kulit hitam pertama dengan masa jabatan sekitar 5 tahun Mei 1994 – Juni 1999.  sedangkan de Klerk sebagai Deputi presiden.

Baca Juga : Resep Ayam Kampung Garang Asam Ala Rumah Makan Kuningan Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *