Manfaat dan Khasiat Dibalik Keindahan Bunga Kamboja

Manfaat dan Khasiat Dibalik Keindahan Bunga Kamboja – Bunga kamboja mungkin lebih dikenal sebagai bunga mistis karena keberadaannya yang biasa ditaman di wilayah makam seseorang yang telah tutup usia. Sebenarnya penanaman kamboja tersebut disebabkan pohonnya yang rindang sehingga dapat memberikan efek teduh dan sejuk pada area makam.

kesemutan

Selain itu juga bunga tersebut memiliki aroma yang sedap dan juga tambilan yang cantik sehingga sebenarnya sangat jauh dari hal- hal mistis tersebut yang telah menjadi mitos bagi masyarakat Indonesia.

Bunga kamboja merupakan tanaman yang awal mulanya berasal dari Amerika dan Afrika dan kini terus menyebar dan banyak dibudidayakan hampir diseluruh negara termasuk di Indonesia. Sebenarnya di banyak negara bunga kamboja tersebut dijadikan sebagai hiasan yang banyak ditanam dipekarangan rumah.

Tanaman tersebut terdiri dari beragam jenis dengan bentuk dan warna bunga yang sama- sama indah. Selain itu aroma yang khas pada bunga tersebut juga dijadikan sebagai aroma terapy yangdapat memberikan sensasi ketenangan bagi orang yang menghirupnya sehingga dapat mengurangi rasa stress dan lelah yang diderita seseorang tersebut.

Selain sebagai hiasan dan sebagai aroma terapi, ternyata bunga kamboja juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Berdasarkan penelitian bunga kamboja tersebut mengandung senyawa triterpenoid amyrin, lupeol, garaniol, farnesol, dan senyawa lainnya yang dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti penyakit kulit berupa gatal- gatal, bisul dan yang lainnya.

Selain menyembuhkan penyakit kulit, kandungan yang ada pada bunga kamboja juga dapat mempercepat regenerasi sel kulit baru sehingga luka akan lebih cepat mengering dan sembuh bahkan bila digunakan sebagai perawatan kecantikan maka kulit akan semakin halus dan lembut.

Hal ini dikarenakan didalam bunga kamboja juga ternyata memiliki kandungan vitamin E dan emolien yang telah dikenal sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit serta menjaga dan menambah elastisitas kulit wajah maupun seluruh tubuh.

Manfaat kesehatan lainnya yaitu minyak bunga kamboja dapat dijadikan sebagai kompresan untuk mengobati bagian anggota tubuh yang bengkak. Biasanya minyak yang dijadikan sebagi kompresan tersebut lebih efektif bila diambil dari kulit pohonnya.

Minyak tersebut akan memberikan rasa nyaman dan dingin sehingga akan merelaksasi otot yang kaku serta melancarkan pereddaran darah saat dilakukan pemijatan dengan minyak tersebut sehingga bengkakpun akan cepat sembuh.

Fakta unik lainnya dari minyak tanaman kamboja ialah dapat menghilangkan tahi lalat. Bagi sebagian orang tahi lalat mungkin tidak menggangu namun terdapat juga tahi lalat yang justru akan membesar bahkan menjadi bahaya bagi kesehatan kulit seperti kanker.

Penggunaan minyak kamboja khususnya bagian minyak dari kulit pohon kamboja dipercaya mampu menghilangkan tahi lalat tersebut secara bertahap.

Baca Juga : Waspada Kesemutan yang Sering Melanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *