Khasiat Teh untuk Mempercantik Wajah dan Rambut

Khasiat Teh untuk Mempercantik Wajah dan Rambut – Teh merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat popular, bahkan hingga keseluruh dunia.

Tanaman teh banyak digunakan untuk minuman. Sejak dahulu teh dipercaya memiliki khasiat untuk mengobatan khususnya di negeri Cina.

khasiat teh

Meminum teh dijadikan sebagai kebiasaan para warga di Negara tersebut dalam kesehariannya. Baik dalam acara resmi maupun tidak resmi teh seperti minuman wajib yang dikonsumsi oleh para warganya. Teh juga sering digunakan untuk jamuan tamu- tamu kerajaan.

Di Negara Jepang, teh yang dikonsumsi untuk minuman biasanya adalah teh hijau. Perbedaan antara teh hijau dengan teh hitam sendiri terletak pada cara pengelolaannya.

Teh hitam berasal dari daun teh yang dikeringkan dengan waktu yang cukup lama. Sedangkan teh hijau biasanya berasal dari pucuk daun dan tidak dikeringkan dalam waktu yang lama. Jadi saat daun teh masih berwarna kehijauan maka diolah dan menjadi teh hijau.

Teh dipercaya dapat memberikan ketenangan dan kesegaran bagi tubuh. Aroma teh juga dapat memberikan relaksasi sehingga dapat menghilangkan stress bagi yang meminumnya. Teh hijau dipercaya dapat mengingat lemak secara baik didalam tubuh. Sehingga teh hijau tersebut banyak dikonsumsi oleh para wanita yang sedang menjalani program diet.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, sejak dahulu juga teh diketahui berkhasiat untuk kecantikan. Pada  zaman dahulu putri raja menggunakan daun teh sebagai masker wajah dan lulur alami.

Penggunaan teh untuk kecantikan disebabkan oleh  kandungan antioksidan pada teh yang tinggi. Antioksidan tersebut berkhasiat menangkal radikal bebas dan memberikankelembaban pada kulit. Selain itu teh juga bermanfaat sebagai tabir surya alami, pewarna hitam alami rambut, dan dapat menghilangkan lingkar gelap di bawah mata atau yang kita sebut juga sebagai mata panda.

Untuk lebih jelasnya mari kita lihat apa saja manfaat teh tersebut untuk kecantikan :

Menghaluskan dan Menghilangkan Jerawat pada Wajah

Tanaman teh mengandung astringen yang berfungsi untuk mengurangi iritasi dan menghilangkan jerawat. Selain itu antioksidan yang ada berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada kulitv wajah sehingga wajah menjadi lebih halus dan cerah.

Caranya adalah dengan membuat air teh dan menggunakannnya seperti mencuci wajah dengan cara dibasuh. Kemudian diamkan selama 5-10 menit lalu bilas dengan menggunakan air biasa hingga bersih. Lakukan perawatan tersebut secara rutin pada malam hari agar mendapat hasil yang optimal.

Menghilangkan Lingkaran Gelap Mata

Ternyata tidak hanya kopi yang mengandung kafein. Ternyata minuman teh juga mengandung bahan yang sama. Tapi, kandungan kafein pada the cenderung lebih sedikit dibandingkan pada minuman kopi.

Kandungan kafein pada teh tersebut mampu mengecilkan pembuluh darah yanga ada pada kulit sehingga warna gelap pada bawah mata sedikit- sedikit akian memudar dengan sendirinya.

Maka mata akan terlihat lebih segar. Cara pemanfaatan teh tersebut cukup mudah. Yaitu dengan cara menggunakan kantung teh yang telah dugunakan sebagai kompresan mata. Gunakan secara teratur maka mata pandamu akan hilang.

Pewarna Hitam Alami Rambut

Selain dimanfaatkan untuk kecantikan wajah, teh juga dapat digunakan untuk kecantikan rambut. Teh yang digunakan merupakan teh hitam. Caranya sangat mudah cukup membuat air teh pada malam hari dan gunakan dengan cara menyiramkannya pada rambut saat pagi hari.

Diamkan 10-20 menit agar warna hitam pada teh diserap rambut lalu bilas dengan menggunakan air hingga bersih. Tapi jika kamu ingin rambut yang wangi, kamu bias melanjutlkannya dengan keramas menggunakan sampo seperti biasa. Lakukan perawatan tersebut secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal.

Selamat Mencoba !!

Baca Juga : Manfaat dan Khasiat Dibalik Keindahan Bunga Kamboja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *