Ini Dia Negara Yang Menggunakan Bahasa Jawa Selain Indonesia

Ini Dia Negara Yang Menggunakan Bahasa Jawa Selain Indonesia –¬†Bahasa Jawa merupakan bahasa yang sering digunakan oleh masyarakat Jawa, Indonesia.

Namun ternyata, bahasa Jawa ini digunakan juga di beberapa tempat selain Indonesia. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi penggunaan bahasa Jawa di tempat-tempat selain Indonesia.

bahasa jawa

Namun, yang pasti kita harus bangga terhadap budaya Indonesia, dalam hal ini adalah bahasa Jawa. Inilah beberapa Negara yang menggunakan bahasa Jawa selain Indonesia, dan turut melestarikannya.

  1. Kaledonia Baru

Merupakan sebuah negeri persemakmuran Prancis yang terletak di bagian selatan Samudra Pasifik. Ibukotanya bernama Noumea dengan penduduk asli Suku Kanak, Melanesia.

Penggunaan Bahasa Jawa di Kaledonia Baru ini diawali dengan adanya migrasi 170 keluarga Jawa yang diperkerjakan sebagai buruh kontrak di pelabuhan Kota Noumea.

Migrasi ini terjadi pada tahun 1896 dan dihentikan pada tahun 1949. Selain di pelabuhan, mereka juga dipekerjakan di perkebunan dan pertambangan. Hingga saat ini, diperkirakan ada 7000 – 11.000 orang keturunan Indonesia berada di sana. Mereka inilah yang masih menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari mereka.

  1. Singapura

Penggunaan bahasa Jawa di Singapura juga berawal dari kedatangan sejumlah orang Jawa sejak 1825. Mereka merupakan warga dari Jawa Tengah yang bekerja sebagai buruh di perkebunan karet, pembangunan jalur kereta api dan pembangunan konstruksi jalan raya.

Mereka bermukim pertama kali di Kampong Jawa, Kallang Airport Estate. Yang kemudian terkenal sebagai tempat pemukinan orang Jawa, berdampingan dengan etnis Melayu dan Cina.

  1. Malaysia

Sebagai negara tetangga yang paling dekat, Malaysia memiliki banyak kesamaan dengan Indonesia. Negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia ini, ternyata memiliki jumlah warga Jawa yang signifikan. Hampir 20% dari populasi di Selangor dan Johor adalah orang Jawa.

Leluhur mereka sudah terlebih dahulu datang ke Malaysia dan menjadi warga melayu pribumi. Sekarang mereka sudah termasuk generasi yang keempat atau bahkan lebih.

Oleh karena itu, penggunaan bahasa Jawa banyak terdengar di beberapa wilayah di Johor. Bahkan ada wilayah bernama Parit Jawa, yang memperlihatkan suasana Jawa yang sangat kental.

  1. Suriname

Suriname merupakan negara bekas jajahan Belanda dan dikenal dengan nama Guyana Belanda. Pada 25 November 1975, Guyana Belanda mengumumkan kemerdekaannya dan mengubah nama negaranya menjad Suriname.

Secara geografis, Suriname terletak di Benua Amerika, tepatnya di Timur Laut Amerika Selatan. Pada masa penjajahan Belanda, banyak orang Indonesia terutama orang Jawa yang dibuang ke Suriname.

Banyaknya orang Jawa yang datang ke Suriname ini, membuat orang Jawa menjadi mayoritas penduduk Suriname. Mereka inilah yang menggunakan Bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari. Hingga sekarang Bahasa Jawa masih digunakan oleh masyarakat, khususnya masyarakat Distrik orang-orang Jawa. Walaupun bahasa nasionalnya adalah bahasa Belanda.

  1. Belanda

Sebagai negara bekas jajahan Belanda, tentu saja Indonesia punya hubungan yang spesial dengan Belanda. Pada saat penjajahan dulu, banyak orang Jawa yang dikirim ke Belanda untuk bekerja sebagai budak. Uniknya, Belanda tertarik terhadap bahasa dan sastra Jawa. Bahkan universitas tertua di Belanda, Universiteit Leiden yang didirikan tahun 1575 banyak terdapat naskah-naskah kuno dengan huruf Jawa dan sastra Jawa lainnya.

Sehingga tidak heran, jika kita mendengar masyarakat Belanda bisa berbahasa Jawa. Sebagian mereka adalah masyarakat Jawa yang datang dari Indonesia, dan sebagian lagi adalah orang Belanda yang tertarik belajar bahasa Jawa.

  1. Pulau Cocos, Australia

Secara teritorial, Kepulauan Cocos merupakan dataran rendah berkarang koral yang masuk ke wilayah Australia. Penduduknya mayoritas orang Melayu, termasuk berasal dari Jawa.

Awalnya orang Jawa didatangkan oleh Inggris pada abad ke-19 untuk bekerja di sana. Nah, para keturunan orang Jawa ini masih memegang budaya Jawa dan menggunakan bahasa Jawa di kehidupan sehari-hari. Bahkan, Australia pernah mengeluarkan prangko seri wayang kulit sebagai pengakuannya terhadap budaya Jawa di Australia.

Baca Juga : Berikut daftar Bahan Alami yang bisa Hilangkan Rasa Pahit daun Pepaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    koinlive.com
    Proses Cepat & Aman, layanan pelanggan terbaik, online 24/7.
    website berikut
    Increase Your Web Visitors & Sales through WEBARQ Online Marketing Solution