Fakta Unik Tentang Hewan Nyamuk

Fakta Unik Tentang Hewan Nyamuk – Anda sering terganggu dengan kehadiran nyamuk? Ya nyamuk memang dikenal sebagai hewan yang kerap sekali menggangu kehidupan manusia.

Hal ini dikarenakan saat nyamuk terbang menghampiri kita maka hewan tersebut akan membuat suara bising seperti berdengung yang memebuat kita merasa tidak nyaman.

nyamukSelain itu yang lebih dikenal adalah kebiasaannya yang senang menghisap darah dan juga meninggalkan bekas berupa benjolan kecil yang disertai dengan rasa gatal. Bila sudah begitu aktivitas kita menjadi terganggu dan kita merasa sangat tidak senang.

Nyamuk sebenarnya merupakan hewan jenis serangga yang berukuran kecil. Nyamuk tersebut biasanya lebih senang berada pada tempat dan lembab.

biasanya mereka aktif mencari keluar untuk terbang dan mencari makanan pada malam hari namun, banyak juga nyamuk yang tetap aktif pada siang hari. Nyamuk memiliki organ tubuh yang hampir sama dengan serangga lainnya yaitu memiliki sayap yang berfungsi untuk terbang. Namun yang menjadi hal unik adalah nyamuk tersebut memiliki alat pada bagian mulutnya seperti jarum yang berfungsi untuk menusukkan dan menembus lapisan kulit kita.

Layaknya sedotan, nyamuk tersebut akan menghisap dan meminum darah kita melalui selubung mulutnya tersebut. Hal ini yang membuat tubuh nyamuk saat kita matikan akan mengeluarkan darah yang banyak. Selain itu benjolan yang ditinggalkan tersebut atau yang sering disebut sebagai ‘bentol’ berasal dari toksin yang dikeluarnya oleh hewan tersebut bersamaan saat ia menghisap darah pada tubuh.

toksin tersebut memang hanya meninggalkan rasa gatal namun, apabila nyamuk yang hinggap dan menghisap darah kita telah terkena virus maka virus tersebut akan masuk kedalam tubuh kita dan menjadi penyakit yang dapat menyerang.

Beberapa penyakit tersebut berupa malaria dan demam berdarah yang dibawa oleh beberapa jenis spesies nyamuk yang biasanya aktif menyerang tubuh kita justru pada pagi atau siang hari. Oleh sebab itu kita harus berhati- hati saat menemukan nyamuk pada waktu tersebut.

Ternyata nyamuk yang sering menyerang dan menghisap tubuh tersebut merupakan nyamuk dengan jenis betina. Hal ini dikarenakan nyamuk betina tersebut memang lebih agresif dibandingkan dengan nyamuk jantan. Sedangkan nyamuk jantan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk mengambil makanan pada nektar bunga.

Banyaknya nyamuk yang menghampiri kita terutama pada daerah wajah yaitu karena nyamuk sangat peka dan menyukai karbondioksida yang kita keluarkan sehari- hari saat bernafas.

Hal ini disebabkan karena nyamuk bergerak dan terbang berdasarkan penglihatan dan insting mereka. Kini kita mengetahui penyebab mengapa sebelum hinggap ketubuh nyamuk tersebut akan berputar- putar mengelilingi area wajah terutama telinga dengan suara dengungannya yang khas.

Baca Juga : Fakta Unik Hewan Pendekomposisi Sampah, Lalat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *