Fakta Unik Hewan Pendekomposisi Sampah, Lalat

Fakta Unik Hewan Pendekomposisi Sampah, Lalat – Lalat merupakan salah satu hewan yang keberadaannya sering kali ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Serangga tersebut dikenal sebagai serangga yang menjijikan karena memang lalat bertempat tinggal pada lingkungan yang kotor.

lalat

Lalat biasanya hidup pada sampah atau tempat kotor lainnya sehingga identik sebagai hewan pembawa penyakit. Saat lalat hinggap disuatu benda terutama makanan maka lalat tersebut akan membawa banyak kuman dari tempat kotor sebelumnya sehingga benda atau makanan tersebut terkontaminasi dan membuat penyakit bagi tubuh ketika dikonsumsi seperti typus dan penyakit lainnya.

Bahkan lalat juga juga akan meletakkan telur- telurnya pada benda yang dihinggapinya dimana telur tersebut akan berubah menjadi larva atu belatung yang sangat dikenal sebagai hewan yang menjijikan.

Lalat merupakan serangga yang berasal dari ordo Diptera yang memiliki cirri khas yaitu memiliki dua sayap pada bagian tubuh atasnya. Keberadaan sayap tersebut berfungsi sebagai alat terbang dan juga penyeimbang tubuhnya. Berbeda dengan serangga yang lainnya, lalat tersebut memiliki ukuran sayap dan antenna yang lebih pendek.

Namun, hal tersebut tidak mengurangi jarak terbang dan juga sinyal lalat untuk mendeteksi keberadaan makanannya. Lalat dapat memakan apa saja untuk memenuhi kehidupannya.

Makanan yang paling sering ia hinggapi merupakan makanan yang sama seperti manusia oleh sebab itu lalat sering sekali menghinggapi makanan yang kita miliki. Lalat memiliki mata yang unik yang dapat melihat dari segala arah. Mata tersebut dikenal sebagai mata majemuk yang beukuran lebih besar dibandingkan dengan ukuran kepalanya.

Selain dikenal dengan pembawaannya yang buruk ternyata lalat juga memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Dalam dunia kesehatan ternyata larva dari lalat dapat digunakan sebagai terapi untuk pengobatan alternatif luka kulit yang disebabkan oleh penyakiit kulit tersebut.

hal ini dikarenakan larva lalat tersebut akan menggorogoti atau memakan sel-sel kulit mati pada luka kulit tersebut sekaligus memakan kuman-kuman atau bakteri yang ada didalamnya sehingga merangsang penyembuhan luka tersebut dengan cepat.

Selain itu dalam lingkungan liar, lalat berperan sebagai pengurai limbah rumah tangga sehingga sampah yang ada akan berkurang meski memerlukan waktu yang lama.

Selain itu larva atau belatung lalat tersebut berguna sebagai pengurai jasad yang telah mati sehingga dapat dengan mudah menyatu dengan tanah. Begitulah informasi mengenai seputar hewan lalat ternyata meski dikenal sebagai hewan yang banyak memberikan kerugian namun juga memiliki sisi lain yang bermanfaat.

Baca Juga : 10 Cara Mencegah Penuaan Dan Penurunan Kesehatan Otak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *